Komputer sudah di tombol Komputer tetap nggak nyala


Permasalahan ini terjadi ketika anda menekan power untuk mengaktifkan atau menghidupkan PC, tetapi komputer atau PC tetap tidak mau hidup. Jika hal ini terjadi pada komputer anda, ada beberapa kemungkinan yang harus diperiksa satu per satu secara bertahap dengan langkah-langkah berikut:
 
Memeriksa kelistrikan
1. Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power suply sudah terpasang dengan baik?
2. Jika anda menggunakan UPS (Uniterruptable Power Suplay) dan stabilizer AVR (Automated Voltage Regulator), pastikan semua dalam posisi on dan dapat berfungsi dengan baik.
3. Jika hal tersebut bukan penyebabnya, kemungkinan berikutnya adalah pada komputer anda. Sekarang lakukan pemeriksaan pada PC.

Pengecekan komponen Komputer
1. Pastiakan kabel power yang terpasang ke soket power pada mainboard terpasang dengan baik. Coba anda tekan-tekan konektor power yang terpasang ke soket power suply.
2. Jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yangterhubung ke tombol power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya di motherboard.
3. Pastikan power suply memang dalam keadaan hidup, dengan melakukan pengetesan pada Komputer/CPU lain.
4. Jika ternyata power suply dalam keadaan baik (me lalui pengetesan)dan semua kebel sudah benar, yang perlu diperiksa adalah motherboard dan prosesor. Coba pasangkan prosesor anda pada komputer lain yang sejenis dengan komputer anda. Perhatikan apakah komputer/CPU dapat dihidupkan? Jika CPU tersebut dapat hidup, berarti kerusakan hanya pada motherboard. Namun jika memang tidak dapat hidup, berarti prosesor mengalami kerusakan.
5. Biasanya hal seperti ini diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada motherboard yang bersangkutan denga catu daya. Untuk permasalahan seperti ini sebaiknya serahkan pada teknisi yang sudah ahli.

http://www.dedepurnama.com

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Komentar

Popular Posts

Gunakan Sebaik - Baiknya