System tidak mengenali hardisk baru

Anda ingin menambah hardisk sebagai media penyimpanan. Namun hardisk yang baru anda pasang tidak terdeteksi, baik pada Windows maupun BIOS. Inti permasalahan ini terdapat pada pemasangan dan konfigurasi hard disk. Hardisk bukan termasuk komponen yang sulit dalam proses instalasi. Namun ada beberapa langkah yang harus dipastikan saat memasang hard disk.

1. Pastikan hardisk sudah mendapat catu daya dari power suply. Kesalahan sepele pasokan listrik bisa saja terjadi. Terkadang anda menghubungkannya dengan cabang power dari fan, yang tidak mendapatkan pasokan daya dari power suplay. Hal ini juga bisa disebabkan minimnya jumlah konektor daya dari pwer suplay.

2. Pastikan setting master dan slave hardisk tepat seperti yang diinginkan atau jika anda ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada kedua hardisk lama dan baru.
3. Jika anda menginginkan konfigurasi cable select, perhatikan pemasangan kabel IDE pada hardisk. Beberapa kabel terbaru sudah memberikan tanda khusus untuk membantu menentukan konektor mana yang akan dianggap sebagai master dan konektor mana yang akan dianggap slave.

4. Jika itu semua belum dapat menyelesaikan masalah, alternatif jawabannya ada pada setting BIOS. Pada pilihan utama Integrated Peripheral, biasanya terdapat pilihan untuk IDE Controller. Terdapat pula pilihan untuk setting controller hardisk SATA. Sekiranya anda mengalami masalah serupa saat ingin menambahkan hardisk baru berinterface SATA . khusus untuk hardisk SATA dan windows, jangan lupa untuk menginstal driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard atau updatenya, tergantung chipset motherboard yang anda gunakan.

http://www.dedepurnama.com

Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Komentar

Popular Posts

Gunakan Sebaik - Baiknya